Monday, February 23, 2015

Manfaat SIWAK menurut pandangan Ilmiah atau Sains.




Seperti yang sudah ane janjikan pada postingan sebelumnya, kali ini kenyaen akan mengupas sedikit tentang manfaaat siwak menurut pandangan Ilmiah atau Sains. Siwak atau Miswak adalah sikat gigi alami yang di ambil dari ranting atau akar pohon al-Arak (Salvadora persica). Pohon ini biyasanya tumbuh di wilayah Asia, Afrika, Dan tentunya di Timur tengah. Tanaman ini memiliki kulit batang berwarna coklat muda. sedangkan bagian dalamnya berwarna putih, dan karnya lebih tua warnanya. Pohon al-Arak (Salvadora persica) memiliki daun yang hijau, sedikit kuning, jarng berbuah ataupun berbunga, dan memiliki banyak ranting dan akar, karenanya pohon ini termasuk dalam tumbuhan menjalar.

Pada 1986 dan 2000, World Health Organization (WHO) menyarankan penggunaan siwak untuk membersihkan gigi. Salah seorang peneliti siwak, Ramli Mohammed Diabi, menghabiskan 17 tahun masa hidupnya hanya untuk meneliti kegunaan siwak. Dia berpendapat, siwak juga berfungsi untuk menghilangkan efek kecanduan bagi perokok aktif.

Penelitian ilmiah modern mengukuhkan, bahwa siwak mengandung zat yang melawan pembusukan, zat pembersih yang membantu membunuh kuman, memutihkan gigi, melindungi gigi dari kerapuhan, bekerja membantu merekatkan luka gusi dan pertumbuhannya secara sehat, dan melindungi mulut serta gigi dari berbagai penyakit. Sebagaimana telah terbukti bahwa siwak memiliki manfaat mencegah kanker.


Siwak atau Miswak juga menstimulasi BAS (Biologically Active Spots = Titik Aktif Biologis) yang terletak di antara gigi dan gusi. Titik-titik ini mengatur enam organ (telinga, mata, hidung, lidah, dan oesophagus (saluran makanan dari mulut ke perut), tiga pasang cells (wedge shaped, rahang atas, ethmoid), sinus, sendi temporal rahang bawah, dan 28 saraf tulang belakang yang mengatur fungsi-fungsi secara praktis semua organ, otot, dans endi pada ekstremitas atas dan bawah.

Sebuah majalah Jerman memuat tulisan ilmuwan yang bernama Rudat, direktur Institut Perkumanan Universitas Rostock. Dalam tulisannya itu ia berkata, “Setelah saya membaca tentang siwak yang biasa digunakan Bangsa Arab sebagai sikat gigi, sejak saat itu pula saya mulai melakukan pengkajian.


Artikel terkait :


Semoga artikel tentang Manfaat SIWAK menurut pandangan Ilmiah atau Sains. dapat menambah wawasan kita dalam... Sedangkan cara memakai SIWAK atau MISWAK yang benar insya allah akan diposting pada artikel selanjutnya....

No comments:

Post a Comment